MENGENAL JENIS-JENIS KAIN DAN KARAKTERISTIKNYA

Mengenal jenis-jenis kain dan karakteristiknya. Perhatian masyarakat terhadap pakaian yang akan dibeli dan dikenakan makin hari makin teliti dalam memilih bahan yang digunakan, terutama kainnya. Jenis kain suatu pakaian menjadi pertimbangan utama yang dilakukan masyarakat untuk membeli suatu pakaian. Mayoritas orang akan memilih pakaian yang kainnya terlihat cantik dan nyaman jika dipakai. Jadi di artikel ini mari mengenal jenis-jenis kain dan karakteristiknya sebagai pertimbangan untuk membeli pakaian yang cantik dan nyaman.

Jenis-jenis kain masing-masing memiliki ragam karakteristik dan ciri khas yang unik, sehingga layak untuk digunakan dalam berbagai aktivitas.  Masing-masing kain dengan karakteristik yang berbeda pun juga mempunyai keunggulan tersendiri saat digunakan sehari-hari. Tak jarang, karakteristik jenis kain tersebut pun dapat dideskripsikan dengan baik, khususnya saat berbelanja, baik belanja di toko sekalipun belanja online.

Jenis kain yang sedang banyak digunakan, antara lain kain toyobo, kain rayon, kain brokat, kain tile, dan sebagainya. Beberapa jenis kain berikut ini bisa menjadi preferensi yang menarik, apalagi jika kamu sedang ingin membeli atau menjahit baju.

  • Rayon
Kain Rayon
Kain rayon

Kain rayon adalah kain berbahan serat buatan dari pulp kayu. Tergolong serat selulose seperti halnya serat katun, rami, dan sebagainya. Rayon di pasaran juga disebut sebagai kain goyor, tidak lain adalah kain yang lemas dan fleksibel yang ditenun atau dirajut dari bahan serat viscose rayon maupun cupromonium rayon. Cupromonium rayon adalah jenis rayon yang sering dipakai sebagai bahan pembuat sutera tiruan.

  • Toyobo
Kain Toyobo
Kain Toyobo

Kain katun buatan Toyobo adalah kain yang terbuat dari serat kapas Mesir yang dikenal memiliki serat kapas paling panjang dan halus. Menggunakan twist paling tinggi sehingga memiliki tampilan permukaan kain yang lebih mengkilat, lembut serta tidak mudah kusut.

  • Madina
Kain Madina
Kain Madina

Kain katun Madinah merupakan kain yang mempunyai ciri ringan, tidak menerawang, dan jatuh. Ketebalan kainnya sangat pas untuk digunakan untuk membuat gamis. Bahan kain ini juga seperti bahan katun yang lainnya yaitu menyerap keringat dan adem ketika digunakan. Sehingga cocok sekali digunakan ketika cuaca panas.

  • American Drill
Kain American Drill
Kain American Drill

American drill merupakan salah satu jenis kain drill yang bersifat lembut layaknya bahan japan drill, hanya saja kain ini lebih kaku. American drill umumnya terbuat dari campuran polyester dan katun, sehingga tidak mengherankan jika bahan memiliki sifat yang sangat lembut. Pada dasarnya jenis kain American dril memang memiliki serat yang lebih besar atau bisa dikatakan medium.

  • Maxmara
Kain Maxmara
Kain Maxmara

Kain maxmara adalah jenis kain yang mirip dengan kain satin. Tetapi kain maxmara memiliki tekstur lebih halus dan adem saat di pakai. Kain maxmara sangat nyaman di pakai dan tidak bikin gerah. Kain ini memiliki ciri khusus yaitu bahannya ringan, licin, jatuh dan tidak transparan.

  • Satin
Kain Satin
Kain Satin

Satin adalah jenis kain yang ditenun dengan anyaman satin dan berbahan serat filamen sehingga memiliki ciri khas permukaan yang mengkilap dan licin. Bagian dalam/belakang permukaan satin tidak licin dan tidak mengkilap. Satin yang terbuat dari sutera sering disebut Charmeuse.

  • Batik
Kain Batik
Kain Batik

Batik adalah kain Indonesia bergambar yang pembuatannya secara khusus dengan menuliskan atau menerakan malam pada kain itu, kemudian pengolahannya diproses dengan cara tertentu yang memiliki kekhasan sebagai keseluruhan teknik, teknologi, serta pengembangan motif dan budaya yang terkait, oleh UNESCO telah ditetapkan sebagai Warisan Kemanusiaan untuk Budaya Lisan dan Nonbendawi (Masterpieces of the Oral and Intangible Heritage of Humanity) sejak 2 Oktober 2009.

  • Embos
Kain Embos
Kain Embos

Kain embos adalah jenis kain batik dengan ciri khas ukiran motif timbul yang memiliki beraneka ragam warna. Teknik embos sendiri merupakan salah satu teknik dalam industri tekstil melalui berbagai proses sehingga menghasilkan kain embos. Bahan terbaik untuk embos adalah kain katun dengan alasan mudah ditarik ke atas dan lebih cepat timbul atau membentuk corak.

  • Brokat
Kain Brokat
Kain Brokat

Brokat atau brocade berasal dari Italia di abad 17 yang artinya adalah bahan pakaian (kain) yang memiliki tekstur timbul. Motif yang digunakan biasanya bunga dan daun-daunan. Kain brocade diproduksi menggunakan jacquard loom (mesin tenun jacquard) tetapi juga dibuat dalam desain yang lebih sederhana menggunakan mesin rachel knitting.

  • Tile
Kain Tile
Kain Tile

Tulle/Tile/Net adalah tekstil yang dihasilkan melalui mesin Rachel knit (rajut lusi) berupa kain yang sangat ringan berbentuk net (jarring). Penggunaan istilah Tulle ini sering dimaksudkan untuk menyebut Embroidery Net dan istilahnya juga sering dikacaukan dengan Brocade. Tulle (dalam bahasa inggris Tool) adalah kain halus berbentuk jarring (net fabric) sangat halus dan bersih, yang biasa digunakan untuk bahan gaun malam dan gaun pengantin. Dibuat menggunakan proses knitting (perajutan) mesin Rachel knit.

1 thought on “MENGENAL JENIS-JENIS KAIN DAN KARAKTERISTIKNYA”

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Kirim Pesan
Halo, selamat datang di Kata Kids silahkan lanjut ke chat untuk info lebih lanjut