Cara Membuat Kebaya

Cara membuat kebaya anak berkualitas dengan desain modern. Kebaya adalah baju perempuan bagian atas, berlengan Panjang, dipakai dengan kain panjang. Seperti negara dan manusia, kebaya juga mengalami perubahan seiring zaman, ia tidak berhenti namun berkembang. Hasilnya, kebaya dalam kesederhanaannya akan terus bertahan karena ia telah menjadi bagian dari tradisi dan gaya hidup sehari-hari masyarakat Indonesia. Kebaya, sebuah produk fashion yang dengan fleksibel mampu menampilkan keindahan dan kesederhanaan, setelah bergabung dengan berbagai elemen riasan dan aksesori.

cara membuat kebaya

Sebelum memulai pembuatan sebuah kebaya, sebaiknya perancang telah mengetahui langgam yang hendak dibuat. Langgam kebaya penting ditentukan terlebih dahulu sebelum pengukuran untuk menentukan apakah ukuran yang dicatat akan pas ditubuh seperti untuk kebaya kutubaru atau longgar seperti kebaya kartini model loose. Pada dasarnya, Teknik dan cara membuat kebaya begitu sederhana karena potongannya tidak jauh berbeda dari blus. Berikut kami jelaskan langkah-langkah untuk membuat kebaya:

  1. Membuat Sketsa

Calon pengguna kebaya sebelumnya telah berkonsultasi dengan sang perancang tentang kebaya yang diinginkan, mulai dari warna, bahan, langgam kebayanya, peruntukannya, dan lain-lain. Setelah hal-hal tersebut diputuskan, sang perancang telah memiliki cukup materi untuk dapat menuangkan keinginan-keinginan calon pengguna kebaya dalam bentuk sketsa. Dalam kasus kami sebagai produsen yang menjual kebaya anak modern membuat sketsa saat ingin mengeluarkan model baru, tetapi jika ingin membuat kebaya yang sudah release dan dijual maka langkah ini harus dilewati dan langsung ke langkah berikutnya.

  • Pengukuran dan Pembuatan Pola

Langkah kedua adalah tahap pengukuran, yaitu mencatat ukuran tubuh calon pengguna kebaya. Ada tiga belas pengukuran yang harus dilakukan dengan langgam kebaya kutubaru, antara lain:

  1. panjang kebaya dari atas bahu hingga ujung kain,
  2. ukuran dada dan punggung,
  3. panjang punggung dari leher hingga ke pinggang,
  4. panjang dari atas bahu ke dada,
  5. lebar di seluruh rentang bahu yang melengkung,
  6. panjang lengan dari bahu ke pergelangan tangan,
  7. ukuran lengan yang diambil tepat di atas siku,
  8. lingkar tubuh,
  9. lingkar pinggul,
  10. lingkar pinggang,
  11. lingkar lengan di bawah bahu, dan
  12. ukuran panel diukur dari pertengahan dada sampai perut.

Ketiga belas pengukuran di atas dijalani ketika ada pengguna kebaya yang request pembuatan kebaya khusus untuknya, tetapi untuk kami selaku penjual kebaya sudah menetapkan ukuran yang pakem untuk pelanggan kami dari ukuran S untuk anak umur 0-2 tahun sampai ukuran XXL untuk anak umur 9-11 tahun. Setelah menentukan ukuran, seluruh catatan yang tercatat dipindahkan ke sebuah kertas paying (kertas coklat) untuk kemudian Digambar menjadi pola dengan ukuran tubuh calon pengguna.

  • Pemotongan Pola

Selanjutnya, kertas coklat tadi dipotong membentuk template yang terdiri dari lima bagian, yaitu dua helai potongan untuk bagian depan kanan dan kiri, dua helai untuk lengan kanan dan kiri, sehelai potongan sebelah belakang yakni bagian punggung, dan sehelai berbentuk persegi Panjang untuk panel penyambung antara kedua bagian depan. Kertas tersebut kemudian disematkan di bahan yang akan digunakan sebagai material kebaya dan dicetak, lalu kain dipotong mengikuti cetakan template tersebut.

  • Penjahitan

Berikutnya, lipatan bawah sebelah belakang dan samping sama lebarnya dan menuju ke sebelah depan denga nagak meruncing. Lengkung leher bsju menjadi satu dengan bagian depan kebaya. Lengkung ini harus cukup lebar sehingga dapat dilipat ke dalam untuk vooring kemudian dilipat lagi ke luar untuk membentuk lengkung leher baju. Rapikan pinggiran lengan dan rempel, rempel terdiri dari atas dan bawah, jahit sekengan depan dan belakang, satukan bagian depan di bagian leher, satukan depan dan belakang (pundak ketemu pundak),  pasang lengan, obras bagian dalam yang kurang rapi, setiap proses per bagian wajib di obras, jahit bagian leher, rempel atas, rempel bawah, dan kemben.

  • Penyelesaian

Tahap terakhir adalah penyelesaian, terdiri dari pembuatan lubang kancing di bagian yang diberi tanda, pemasangan kancing, pembuangan benang yang terurai, dan merapikan sisa kain pinggiran untuk border atau payet. Proses pengepasan atau fitting dilakukan setelah seluruh rangkaian di atas selesai.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Kirim Pesan
Halo, selamat datang di Kata Kids silahkan lanjut ke chat untuk info lebih lanjut