Tips Merawat Baju Berbahan Tille

Tips merawat baju berbahan tille dengan mudah. Kain tille adalah tekstil yang dihasilkan melalui mesin Rachel knit (rajut lusi) berupa kain yang sangat ringan berbentuk net (jarring). Penggunaan istilah Tulle ini sering dimaksudkan untuk menyebut Embroidery Net dan istilahnya juga sering dikacaukan dengan Brocade. Tulle (dalam bahasa inggris Tool) adalah kain halus berbentuk jarring (net fabric) sangat halus dan bersih, yang biasa digunakan untuk bahan gaun malam dan gaun pengantin. Dibuat menggunakan proses knitting (perajutan) mesin Rachel knit.

Dewasa ini kain tille banyak dijadikan modifikasi dalam pembuatan sebuah pakaian, baik pakaian formal maupun pakaian sehari-hari. Bahannya yang ringan tapi memberikan kesan feminim dan anggun membuat kain tille banyak digemari oleh kaum hawa untuk menjadi salah satu bahan yang digunakan dalam pakaian mereka. Kain tille sendiri memiliki beberapa jenis untuk membedakan motif ataupun karakteristik setiap kainnya, berikut kami jelaskan beberapa jenis kain tille yang sering kita jumpai.

  1. Soft tille

Kain tille polos, dengan karakteristik lembut dan lentur. Biasanya dipadukan dengan kain polos, atau kain velvet/satin. Bisa dipakai untuk gaun pesta atau rok tutu.

  • Tille doty

Kain tille dengan motif titik”lingkaran seperti polkadot tetapi memiliki warna yang sama dengan tille. Ini ada bermacam” jenis, ada yang halus dan titik polkadotnya kecil, ada yang sedikit kasar dengan titik polkadot lebih besar.

  • Tille gliter

Kain tille gliter adalah kain tille yang permukaannya dihiasi dengan gliter, permukaannya biasanya lebih kaku daripada tile lainnya. Tille ini cocok untuk membuat gaun, karena kerlap-kerlip gliter terlihat mewah.

  • Tille Mutiara

Kain yang bertekstur jarring-jaring dan diberi hiasan manik” pada kain, manik”nya berbntuk Mutiara . Mutiara kecil di jahitkan atau ada juga yang dikaitkan pada jarring”nya sehingga tidak mudah lepas.

  • Tille border

Kain tille dengan paduan bordiran pada permukaan kainnya,bodirannya sendiri jg beragam, biasanya motif bunga, daun , akar atau motif abstrak lainnya.

Tips merawat baju berbahan tille

Kami juga mempunyai koleksi pakaian yang menggunakan kain tille sebagai bahan dasarnya, diantaranya Gaun Belinda, Gaun Qirania, Gaun Cornelia, Gaun Slavina, Gaun Davina, Gaun Gisella, dan Gaun Lovania. Kami hanya menggunakan dua jenis kain tille untuk membuat gaun-gaun diatas, yaitu Soft Tille dan Tille Doty. Untuk merawat dan menjaga keawetan baju yang berbahan tille diperlukan perhatian khusus saat mencucinya. Berikut kami jelaskan beberapa tips untuk merawat baju yang berbahan tille.

  1. Cuci menggunakan cara manual, jangan dicuci memakai mesin cuci
  2. Cuci dengan detergen yang lembut, seperti detergen cair atau shampoo. Shampoo bayi juga bisa dipakai karena lembut.
  3. Jangan dikucek terlalu kuat, karena tille bisa kusut dan merusak permukaan.
  4. Jangan ditarik terlalu kuat, karena kain tilee muudah melar dan tidak bisa kembali seperti semula.
  5. Untuk menjemur jangan dijemur dibawah matahari yang terik, cukup diangin-anginkan, karene kain tille mudah kering
  6. Setrika dengan panas yang rendah dan jangan terlalu lama, kalua bisa diberikan alas saat menyetrikanya.
  7. Disimpan pada tempat yang aman, agar tidak terkena barang tajam atau tempat yang kasar. Karena tille memiliki lubang” kecil jadi bisa saja kecantol.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Kirim Pesan
Halo, selamat datang di Kata Kids silahkan lanjut ke chat untuk info lebih lanjut