Konveksi Baju Anak Berpengalaman

Konveksi Baju Anak Berpengalaman. Secara umum kebutuhan pokok manusia dibagi ke dalam tiga kelompok besar yakni, pangan, sandang dan papan. Ketiga kebutuhan ini akan sangat mempengaruhi aktivitas seseorang dalam menjalani hidupnya. Oleh karenanya ketidakmampuan seseorang dalam memenuhi ketiga kebutuhan ini akan berdampak langsung terhadap keberlangsungan hidupnya. Pakaian merupakan salah satu kebutuhan pokok manusia yang berfungsi sebagai pelindung dan penutup tubuh manusia. Konveksi memang merupakan sebuah usaha dalam memproduksi pakaian dalam jumlah banyak atau massal. Hal ini memang menjadikan bisnis konveksi masih menjadi bisnis yang tidak pernah ada matinya dan sangat dibutuhkan konsumen karena salah satu kategori kebutuhan pokok manusia.

Meskipun bukan peluang yang sangat besar akan tetapi bisnis konveksi pakaian nyatanya masih menjadi peluang usaha yang banyak dirintis oleh pengusaha pemula karena peluang bisnisnya yang sangat tinggi. Pabrik konveksi saat ini sudah semakin banyak dan bertebaran di berbagai daerah. Keberadaan industri konveksi sangat menunjang kemajuan industri pakaian jadi di Indonesia, karena selain mengerjakan pembuatan pakaian dari pemesan untuk pasar lokal, konveksi juga bisa menerima mengerjakan proses jahit sebuah pabrik garmen dalam pembuatan pakaian jadi skala besar untuk pasar lokal maupun pasar ekspor. Industri konveksi menjadi usaha di bidang tekstil yang banyak menarik minat para pelaku usaha besar karena usaha konveksi pakaian memiliki umur waktu yang lebih lama dibandingkan usaha makanan matang yang hanya memiliki umur waktu 1 hari untuk makanan yang layak dimakan.

Bahkan jika dibandingkan dengan bisnis lainnya, bisnis ini memang cukup menjanjikan. Sehingga tidak heran jika banyak yang tertarik untuk memilih bisnis yang satu ini. Kami selaku pelaku usaha konveksi menentukan target pasar untuk anak-anak. Alasan kami memilih target pasar anak-anak karena dewasa ini permintaan terhadap baju anak semakin hari semakin meningkat menyamai permintaan baju dewasa. Tak jarang juga permintaan untuk model-model baju dewasa dibuat versi anak-anak, seperti tunik, gaun, gamis, kebaya, dan lain sebagainya. Baju anak-anak harus tersedia dalam berbagai ukuran dan tidak bisa seperti baju dewasa yang all size karena proporsi tubuh dan pertumbuhan setiap anak-anak itu berbeda, sedangkan orang dewasa sudah tidak mengalami pertumbuhan dan proporsi tubuh mereka tidak terlalu jauh berbeda. Dalam proses pengerjaan sebuah pakaian membutuhkan beberapa langkah yang harus dilalui untuk menjadikannya produk siap pakai, salah satunya proses jahit.

Di artikel kali ini, kami akan membahas tentang tahapan menjahit bagian-bagian potongan terutama menjahit tepi busana. Menjahit bagian-bagian busana dapat dilakukan dengan tahapan sebagai berikut, yaitu Menjahit tepi busana yang terdapat pada penyelesaian kampuh, tepi klim (bagian bawah rok, blus, ujung lengan). Berikut kami jelaskan satu-persatu. Kampuh adalah menyatukan bagian-bagian dari potongan kain pada pembuatan busana seperti menyatukan bahu muka dengan bahu belakang, sisi kiri muka dengan sisi kanan belakang dan sebagainya. Teknik menjahit sambungan supaya hasilnya kuat, maka setiap penyambungan baik diawal maupun diakhir tusukan harus dimatikan, agar tidak mudah lepas yaitu dengan cara menjahit mundur maju atau dengan cara mengikatkan ke dua ujung benang. Pemakaian kampuh disesuaikan dengan kegunaan yang lebih tepat.

Kampuh ada bermacam-macam, antara lain: (1) Kampuh terbuka, kampuh yang tiras sambungannya terbuka atau dibuka, teknik penyelesaiannya terdiri dari beberapa cara di antaranya dengan penyelesaian setikan mesin dan obras. (2) Kampuh terbuka dengan penyelesaian bisban, kampuh yang tiras sambungannya terbuka atau dibuka, teknik penyelesaiannya dengan menempelkan bisban pada tepi kampuh, bantu dengan sematan agar rapih., kemudian jahit tindas tepi bisban dengan lebar bisban lebih kurang 0,5 cm. (3) Kampuh setik balik Kampuh setik balik yaitu kampuh yang dikerjakan dengan teknik membalikkan dengan dua kali jahit. (4) Kampuh pipih Kampuh yang mempunyai bekas jahitan pada satu sisi sebanyak dua setikan, dan sisi yang sebelahnya satu setikan, kampuh ini bisa dipakai untuk dua sisi bila bagian baik dan buruk kain sama.

Konveksi Baju Anak Berpengalaman

Teknik mengelim, mengelim digunakan untuk bawah rok, blus, kebaya, pergelangan lengan, dan sebagainya. Lebar kelim bervariasi sesuai dengan model serta jenis bagian busana yang akan dikelim. Untuk bagian bawah busana lebar kelim berkisar dari 1 s.d 5 cm. Kelim dapat dilakukan dengan tangan dan mesin, supaya hasil yang didapatkan lebih rapih kelim dapat dikerjakan dengan tangan. (1) Kelim Sum, bagian bawah busana dapat di kelim dengan lebar kelim berkisar antara 3 s.d 5 cm. (2) Kelim tusuk flanel Kelim yang bahan pinggirnya diobras, kemudian dilipat kurang lebih 3 sampai 5 cm dan disum menggunakan tusuk flanel. (3) Kelim sumsang Teknik mengerjakan sama dengan mengelim sum, tetapi pada saat memasukkan benang ke bahan dilakukan dua kali dalam satu lubang sehingga benangnya mati dan tidak mudah lepas.

(4) Kelim rompok, teknik pengerjaannya sama dengan disum, hanya tiras pada pinggiran tidak dilipatkan tetapi dirompok dengan bahan yang tipis agar tidak terlalu tebal. (5) Kelim palsu yaitu kelim untuk mengatasi masalah bila panjang kain tidak cukup untuk dibuat keliman, atau bahan yang terlalu tebal untuk dikelimkan, maka dibuat kelim palsu. Itulah beberapa penjelasan mengenai tahapan menjahit bagian-bagian potongan terutama menjahit tepi busana. Kami selaku pelaku usaha konveksi telah memproduksi berbagai macam baju anak, dari kebaya, gaun pesta, beskap, gamis, dan sebagainya. Kata Kids memiliki beberapa keunggulan yang bisa dibanggakan dan menjadi perhatian untuk kompetitor kami, antara lain penggunaan bahan-bahan premium, kualitas jahitan yang rapi, awet, harga yang terjangkau untuk kualitas premium, model yang selalu baru setiap bulan, admin yang responsif dan reliable, serta mudah di pesan lewat Whatsapp, DM Instagram, Shopee, dan Lazada. Kami menerima pesanan dalam partai kecil maupun besar. Silahkan bertanya lebih lanjut melalui chat via WhatsApp di nomor 0878 7456 7121.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Kirim Pesan
Halo, selamat datang di Kata Kids silahkan lanjut ke chat untuk info lebih lanjut